Makna Lauk Pauk Pelengkap Nasi Tumpeng

Makna Lauk Pauk Pelengkap Nasi Tumpeng

Lauk Pauk – Nasi tumpeng yang biasa kita temui memiliki bentuk yang khas, yaitu nasi berwarna kuning dengan bentuk cone terbalik atau kerucut, dilengkapi berbagai macam lauk pauk dan dihias sedemikian rupa cantiknya. Kita dapat menemukan nasi tumpeng di acara-acara seperti ulang tahun, peresmian sebuah perusahaan, peresmian sebuah gedung, syukuran acara OSPEK dan lain lain. Harga Nasi Tumpeng Kuning Jakarta Terdapat alasan dibalik penggunaan nasi tumpeng sebagai menu utama dari acara-acara tersebut, yaitu karena nasi tumpeng sarat akan makna. Selain nasi tumpeng yang mempunyai makna tersendiri, lauk pauk yang menyertai nasi tumpeng pun ternyata mempunyai filosofi-filosofi yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang.

Lauk pertama yang biasa kita temui pada nasi tumpeng adalah ayam. Ayam yang dipilih sebagai pendamping nasi tumpeng adalah ayam jago atau ayam jantan yang dimasak dalam keadaan utuh tanpa dipotong-potong menjadi beberapa bagian atau biasa disebut ayam ingkung. Ayam tersebut dimasak dengan bumbu kunir atau kuning dan dicampur dengan kaldu santan kental. Makna dari proses memasak ayam tersebut adalah simbol menyembah Tuhan dengan penuh kekhusyukan dan hati yang tenang berkat mengendalikan diri dengan sabar. Pemilihan ayam jago juga dimaksudkan untuk menghindari sifat ayam jago yang congkak.

Lauk selanjutnya yaitu ikan, ikan yang biasa digunakan untuk nasi tumpeng sekarang adalah ikan teri. Ikan teri yang selalu hidup bergerombol menyimbolkan rasa kebersamaan dan kerukunan. Lalu ada telur rebus utuh, jadi untuk dapat memakannya harus diperlukan usaha mengupasnya. Hal tersebut bermakna bahwa dalam bekerja harus penuh dengan ketelitian dan diselesaikan sampai tuntas. Sayur yang terdapat pada nasi tumpeng yaitu sayur urap, sayur urap terdiri dari berbagai macam sayuran dengan makna-makna tersendiri. Ada kangkung yang artinya melindungi, sayur bayam yang berarti ayem tentrem, toge atau kecambah dengan makna tumbuh, kacang panjang berarti mempunyai pemikirin yang panjang atau visioner, kluwih yang berarti linuwih yaitu memililki kelebihan dibanding yang lain dan terakhir bumbu urap berupa sambal dengan parutan kelapa yang memiliki makna urip atau hidup dan mampu menafkahi keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *