Eksplor Wisata Museum di Taman Mini Indonesia Indah

Eksplor Wisata Museum di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Eksplor Wisata Museum di Taman Mini Indonesia Indah – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) atau Taman Mini Indonesia Indah memiliki museum paling banyak di Indonesia. Saat ini memiliki 16 museum mulai dari fauna, sejarah, budaya, sampai sains.

Beberapa museum terlihat seperti museum biasa dengan banyak pameran, namun museum tentang flora dan fauna dipadukan dengan taman dimana kita bisa belajar lebih banyak tentang makhluk hidup. Bahkan beberapa museum memungkinkan kita bermain dengan beberapa instrumen yang ada untuk mempelajari dampaknya. Untuk mengetahui alamat dan lokasi TMII, baca juga : Alamat dan Lokasi TMII

Jika kita melihat dari dekat, tampilan masing-masing museum mewakili temanya. Misalnya, Power and New Energy Museum terlihat seperti struktur atom, yaitu satu proton yang dikelilingi oleh tiga elektron. Contoh lainnya adalah Sport Museum yang memiliki bola basket raksasa di kubahnya. Karena itu, lain kali Anda mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, bisakah anda menebak apa museumnya tanpa mendapat petunjuk dari peta atau namanya di depan?

Museum Purna Bhakti Pertiwi

Kami memulai perjalanan ke museum Taman Mini Indonesia Indah dengan Museum Purna Bhakti Pertiwi, yang terletak di sebelah gerbang utama.

Museum ini didedikasikan untuk mantan Presiden RI: Bapak H. M. Soeharto. Koleksi museum ini sekitar 13.000, kebanyakan dari mereka adalah suvenir yang dia terima. Sebagai contoh, pedang dari pemimpin PLO Mr Yasser Arafat, pedang kristal dari Presiden Kroasia Mr Franjo Tudman, piring perak dari Presiden Kazakstan Mr Nursultan Nurbayev, dan replika tempat tidur putri China yang terbuat dari batu giok dari Yunan, China.

Museum Soldiery Indonesia

Museum ini merupakan peringatan keberanian nenek moyang kita dalam banyak pertempuran melawan penjajahan dari abad VII sampai XIX. Bangunan itu tampak seperti sebuah benteng yang dikelilingi oleh air. Air yang mewakili Indonesia sebagai negara maritim. Ada dua kapal tradisional populer di sana: sebuah kapal tradisional dari Banten dan phinisi dari Sulawesi Selatan.

Museum Minyak dan Gas Bumi

Museum ini disebut Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra (Gawitra) dalam Bahasa Indonesia.

Karena minyak telah menjadi salah satu aset penting Indonesia untuk mengembangkan negara kita, museum ini dibangun untuk memperingati 100 tahun industri minyak dan gas bumi di Indonesia.

Bangunan itu tampak seperti rig lepas pantai. Di dalam kita dapat menonton film pendek dan tayangan slide tentang sejarah eksplorasi minyak di Indonesia.

Museum Tenaga dan Energi Baru

Museum ini memiliki lebih dari 600 pameran, baik di dalam maupun di luar gedung. Ini adalah museum unik di Taman Mini Indonesia Indah karena kita diperbolehkan untuk mencoba atau menyaksikan eksperimen. Misalnya, ada demonstrasi kompor matahari, di mana energi memasak berasal dari sengatan matahari atau kita bisa mencoba memainkan kecapi ajaib (harpun tanpa senar karena senar diganti dengan sinar infra merah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *