Betapa Pentingnya ASI Eksklusif

Betapa Pentingnya ASI Eksklusif

Yap, memang tidak salah bila saya bilang bahwa obat pelancar asi saat ini menjadi buruan oleh para ibu menyusui dan ibu yang akan menjalani proses menjadi seorang ibu menyusui.

Bukan tanpa sebab, tidak semua ibu yang melahirkan dapat memproduksi asi dan mempunyai stok asi dalam jumlah banyak. Pasti ada saja ibu yang kekurangan stok dan tidak punya kemampuan produktivitas asi yang banyak seperti ibu lainnya.

Sangat miris memang, padahal kesempatan memberi asi eksklusif pada bayi adalah kesempatan emas bagi seorang ibu menjadi ibu yang utuh sesungguhnya. Yap, asi eksklusif menjadi momok yang menakutkan memang untuk ibu yang mempunyai masalah dan probematika asi tidak lancar seperti ibu lainnya.

Tapi saya ingatkan, jangan sampai ibu menjadi stres karena hal ini. Tenang, semua masalah pasti punya solusi dan ibu dapat memegang kata yang barusan saya tulis.

Memberi manfaat bukan main bagusnya untuk bayi, asi adalah penentu bagi masa depan bayi. Kandungan vitamin dan kekayaan mineral dalam senyawa asi adalah jaminan bagi bayi untuk tumbuh dan berkembang di masa depan. Yap, asi eksklusif sangat berhubungan erat dengan masa depan bayi ibu.

Selain itu, dengan pemberian asi dari ibu kandung dan bayi secara tidak langsung akan memberikan konektivitas batin antara ibu dan anak.

Dari beberapa penjabaran singkat diatas, mungkin itulah mengapa WHO menetapkan asi eksklusif adalah wajib diberikan oleh ibu kepada bayinya. Tidak boleh tidak!

Selain itu, manfaat asi eksklusif sangat besar dampaknya untuk mencegah kematian bayi yang sering terjadi dalam kurun waktu 2 bulan setelah lahir ke dunia. Masa sih seorang ibu tega tidak memberikan asi eksklusif dengan manfaat sebesar ini. Tidak jarang loh seorang bayi yang meninggal pada umur dibawah 2 bulan. Penyebab seperti diare, atau infeksi saluran nafas akut adalah yang paling sering terjadi.

Dan coba tebak, dengan pemberian asi eksklusif seorang ibu dapat mencegah resiko kematian bayi tersebut. Sungguh mulia dampak dan efek pemberian asi eksklusif ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *